<div style='background-color: none transparent;'></div>
Home » » Wabah Masa Depan: Lapar

Wabah Masa Depan: Lapar


Prie GS

Secara tampilan orang ini sepenuhnya sangat sah untuk disalahpahami. Kecil, hitam, dan belel. Kemana pun pergi hanya ransel di punggung itu saja bawaanya. Berhari-hari pergi, cuma kaos hitam bergambar Bung Hatta dan jaket hitam itu saja yang dia pakai. Tapi pergaulan orang ini sepenuhnya menakjubkan. Dengan cuma bersandal ia bisa  berbincang secara pribadi dengan Darmin Nasution di ruang kerjanya. Bisa serius berdua dengan Arifin Panigoro bicara soal nasib petani. Ia pernah menjemput ekonom Faisal  Basri untuk ia boncengkan dengan motor masuk desa pedalaman Sumatera Barat dan anehnya Faisal mau saja untuk seminar di tengah sawah tanpa bayaran pula. Orang ini Masril Koto namanya, bersama Sandiaga Uno,  ia baru saja kami undang  untuk berbagi pengalaman di Forum Wedangan, sebuah forum tempat komunitas UMKM bertemu.
            Masril adalah seorang  penggerak petani yang menakjubkan di wilayahnya. Kini ia seorang miliader pengelana. Tapi ia bepergian dengan merdeka karena meningalkan  keluarga  yang tercukupi dan komunitas petani di wilayahnya yang kuat dan mandiri. Masril kini sibuk berkeliling Indonesia untuk menyerap apa saja dengan pertanian dan lingkungan sebagai minat  besarnya. Darinyalah saya menangkap semangat yang menyala untuk  sebuah kabar yang celakanya mencemaskan: krisis pangan. Jika tak ada aral melintang waktunya tak  akan  lama, tinggal 2020. Persoalannya ialah, bagaimana agar masyarakat Indonesia berkontribusi menyiapakan aral  melintang itu agar krisis tertunda. Tulisan ini adalah bagian dari upaya itu walau mungkin tak banyak artinya. Tetapi inilah saatnya, semua bergerak secara bersama-sama untuk soal yang memang cuma bisa di hadapi secara bersama.
          Untuk data-data teknis menyangkut tentang ancaman lapar itu biarlah menjadi tugas para ahli. Kepada kita para awam  cukup dengan menangkap keganjilan yang mulai jamak dan mudah dilihat saja. Anomali iklim adalah yang terjelas dari seluruhnya. Di Indonesia kini mulai terasa betapa musim tinggal definsi. Kemarau dan penghujan bisa bertukar waktu kapan saja. Dan cukup hanya dengan ketidakjelasan musim semacam ini, petani akan lumpuh siklusnya.
          Ini baru satu hal. Hal lain adalah penyusutan lahan pertanian yang agresif. Di Jawa,  areal sawah terbaik ramai-ramai diuruk untuk dijadikan tempat usaha. Kenapa selemah ini petani mempertahankan tanahnya? Karena sawah bagi mereka tidak  keramat lagi. Migrasi profesi sekarang ini terjadi secara besar-besaran karena alasan yang nyaris lengkap. Petani lama yang sukses tidak selalu sukses melahirkan anak-anak yang mau jadi petani. Karena terbiasa hidup enak, generasi baru itu lalu memilih menjadi anak kota yang gaya. Mereka lalu asing dengan sawahnya sendiri. Akhirnya, katimbang mengolah sawah, generasi baru ini lebih pintar menjual sawah. Kebangkrutan  keluarga petani adalah gejala kebudayaan yang nyata saat ini.
          Bagaimana dengan patani yang masih bertahan? Mereka hidup dalam tekanan yang besar karena guncangan abad informasi. Kini pragmatisme adalah wabah yang menakutkan yang menjangkiti seluruh profesi, tak terekcuali petani. Pestisida telah menjadi praktis, pola tanam telah menjadi parktis. Pemakaian pestisida yang agresif membuat bahkan hama pun mudah melakukan mutasi  genetik. Hama baru muncul seperti monster yang tiba-tiba. Dan hama itu dipermudah oleh pola tanam petani yang seragam dan tak lagi bervarisi seperti anjuran kearifan. Jadi seluruh penyebab kelangkaan pangan di masa depan itu sedang terjadi dengan sangat lengkap dan serempak. Karenanya tugas kita seluruhnya, negara terutama, adalah memutus siklus  itu sekuat yang kita bisa.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Buku Satir Sosial Politik - Humor Dosis Tinggi

Buku Satir Sosial Politik - Humor Dosis Tinggi
Untuk informasi pemesanan silakan klik gambar cover tsb.
 
Copyright © 2011. Majalah HumOr . All Rights Reserved
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template Modify by Creating Website. Inpire by Darkmatter Rockettheme Proudly powered by Blogger